Friday, March 8, 2019

CARA MENABUNG YANG BENAR



Apa sih definisi kaya?? Kebanyakan orang berpikiran kaya adalah berapa besar "penghasilan" seseorang. Namun setelah saya menonton sebuah video, rasanya seperti ditampar. Jadi definisi kaya sendiri, bukan tentang berapa uang yang anda "hasilkan" , tetapi berapa uang yang anda "simpan".
Mendengar kata-kata tersebut rasanya langsung JLEB. Iya juga ya.. banyak orang berpenghasilan besar, namun gak punya tabungan, karena habis di gaya hidup. Atau parahnya lagi, tidak tau kemana uangnya. Sangat amat disayangkan. 

Jujur saja, baru setahun belakangan ini saya mulai membiasakan diri untuk menabung. Tadinya saya suka sekali spend money untuk hal-hal yang tidak penting. Dulu setiap jenuh, saya pasti menghibur diri dengan cara berbelanja..apapun itu, entah pernak-pernik, makeup atau baju yang penting belanja ((( ITU DULU))). Namun makin kesini, saya makin sadar akan penting nya menabung untuk masa depan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali hehehe.

Jadi setelah menonton youtube Success Before 30  dan membaca website www.moneysmart.id , lengkap sudah pengetahuan saya akan penting nya menabung dan bagaimana cara menabung yang benar.  Terkadang kita belanja dulu baru menabung, padahal yang benar  adalah menabung dulu baru belanja. Seperti kata Warren Buffet "Do not save what is left after spending, instead spend what is left after saving" 

Nah berikut cara menabung yang sudah saya rangkum : 

1. Menabung Saham (bukan bermain saham)
Pastikan membeli saham di perbankan yang sudah dilindungi OJK. Kalo yang ini baru mau saya praktekkan hehehe.

2. Menabuing Property (tanah, apartemen, atau ruko)
Buat kalian yang memiliki penghasilan lumayan besar, boleh juga alokasikan penghasilan dengan menabung property. Karena property sebagian besar pasti naik, tidak turun

3. Menabung Logam Mulia (Emas)
Nah yang ini yang sudah saya praktekkan :). Cukup dengan 6000rupiah saya sudah bisa menabung emas sebesar 0,01gram di pagadaian hihihi. So happy!

4. Menabung Dulu, Baru Konsumsi
Seperti quote yang sudah saya bahas diatas, biasakan menabung terlebih dahulu, baru konsumsi 

5. Jangan Anggap Remeh Uang Receh
Memang kadang uang receh bikin gemes ya, kalo gak dihabisini hehe. Namun disini, saya ajak kalian buat jangan habisin uang receh kembalian warung/parkir begitu saja ya guys. Coba deh ditabung di celengan hehehe. Lumayan lho.

6. Disiplin dan Konsisten
Berapapun jumlahnya, tidak akan berhasil jika kita tidak konsisten dan disiplin dalam menabung hihihi.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya..Thankyou for reading! *cheers*

No comments :

Post a Comment