Wednesday, May 23, 2018

7 TIPS FOTOGRAFI

7 CARA MENGHASILKAN 
FOTO YANG INDAH  DENGAN KAMERA SEDERHANA

Pagi ini, saya tertantang untuk menulis sesuatu yang berfaedah hehe. Jadi semalam saya mendapat pertanyaan dari teman kos saya di instagram, dia penasaran siapa fotografer saya selama ini hahaha. Rasanya, saat ada yang bertanya seperti itu, muncul rasa bangga (bukan sombong loh ya!).  Karena jujur saja semua foto yang saya upload di instagram,tidak ada fotografer khusus dan juga tidak selalu menggunakan kamera mirrorless atau kamera mahal lainnya. Bahkan kamera saya pun masi jadul banget, masi pakai kamera 16MP, yang saya yakin setara sama kamera handphone teman-teman semua.  Lalu bagaimana bisa saya mendapatkan foto yang oke (ala saya) ? .

Baiklah, karena ini adalah personal blog saya, maka saya akan membahas 7 TIPS FOTOGRAFI ala saya
1. Resolusi kamera
   Usahakan resolusi kamera minimal 14MP, karena resolusi kamera berdampak saat pengeditan kelak
2. Pemilihan tempat foto
  Jika kameramu sama seperti saya, pilihlah tempat yang banyak cahaya, foto terbaik untuk mendapatkan cahaya menurut saya, jika pagi hari maksimal jam 10 pagi, karena matahari nya belum jahat (read: backlight). Atau lebih baik sore hari sekalian jam 4. Namun jika kamu sengaja ingin berfoto dengan shadow, kamu bisa foto waktu siang (fleksibel aja) hehe
3.Angle/Pengambilan Gambar
  Disini saya tidak akan menjelaskan mengenai iso. Karena saya juga tidak terlalu mahir menggunakan iso. Dalam pengambilan gambar,menurut saya yang terpenting adalah "focus point" jadi intinya kalian harus tau bagian mana yang ingin kalian tonjolkan pada foto. Nah untuk angle/pengambilan foto kita harus jeli, dan bisa melihat berbagai potensi bahwa semua tempat disekitar kita, pasti mempunyai spot terpendam. Tidak terkecuali di halaman rumah kamu :). Jadi semisal kamu pergi kemanapun, asal bawa kamera, kamu sudah bisa mengarahkan letak kamera tersebut sesuai yang kamu mau *bahasaapaini*, jadi teman kamu yang kamu ajak main, tinggal pencet tombol "jepret" saja hihi
4. Perbanyak Referensi
Point keempat ini sangat erat kaitannya dengan point sebelumnya, yaitu angle. Ibaratnya begini, bagaimana kita bisa tau macam-macam pengambilan foto yang bagus seperti apa, kalau yang kamu lihat di timeline setiap waktu hanya akun gosip belaka :p. Jadi jika kamu ingin memperkaya teknik pengambilan gambar/ spot-spot yang anti mainstream , kalian harus follow orang-orang yang foto /editan/ pengambilan gambar nya bagus, kreatif dan bervariatif. Mulai dari yang lokal sampai orang-orang mancanegara! Hal ini juga berlaku pada point ke5, yang akan saya bahas setelah ini :)
5. Be yourself
Kalau ini pengalaman pribadi ya, jadi sebenarnya, saya bukan orang yang foto genic. Bagi saya, foto genic itu adalah kondisi dimana orang yang difoto dalam pose apa saja tetap lah bagus dan enak dipandang . Sedangkan saya, dari ratusan foto paling yang bagus cuman satu atau dua ehehe.
Lebih tepatnya be yourself. Saat kamu merasa nyaman pada diri kamu sendiri, dan tidak kikuk/merasa aneh saat foto, percayalah hasilnya pasti bagus :).
6. Editing 
Editing ini bagi saya adalah penyempurnaan hasil akhir. Perlu diketahui aplikasi edit itu macam-macam. Dari mulai aplikasi edit muka, pengurus badan, penghalus muka, yang saking halusnya bisa bikin hidung hilang, hahaha. BIG NO! Terimalah diri kamu apa adanya :). Saya pribadi suka sekali mengedit foto (lebih tepatnya memberikan effect/filter pada foto), kadang kalau lagi jenuh, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk edit foto. Aplikasi edit yang sering saya pakai adalah Snapseed, Vscocam, Afterlight, Photogrid, dan Adobe Lightroom. Bagi saya fungsi utama editing adalah bagaimana membuat foto itu terlihat lebih hidup. Untuk pemula, saya sarankan untuk memakai snapseed dan vscocam. Dicoba-coba aja semua tools-nya :). Snapseed sendiri untuk mencerahkan foto, dan kemudian vscocam untuk memberikan filter pada foto :). Nah kalau kamu merasa sudah mahir dan terbiasa dalam menggunakan kedua aplikasi ini, itu tanda ya feeling kamu sudah terlatih dan saat nya kamu beralih dan mencicipi aplikasi adobe lightroom :).
7. Feeling
Dan yang terutama dan utama dari ke tujuh tips ini adalah Feeling!! Yaps, bagi saya foto adalah sebuah karya seni :). Jadi dari pengambilan, sampai editing kita harus mengandalkan feeling. Feeling yang baik, akan membawamu ketempat yang baik pula *cielah hahahaha.



Terimakasih sudah membaca artikel ini  guys! Semoga harimu menyenangkan :). Selamat mencoba!

No comments :

Post a Comment