Monday, January 1, 2018

EXPLORE PASAR BERINGHARJO

ADA APA AJA SIH DI PASAR BERINGHARJO ?


Seperti janji saya, saya akan lebih giat dalam menulis, guna meningkatkan mood agar menjadi lebih indah hehehe. Pagi ini saya bakal ajak kamu blusukan ke pasar beringharjo lur.

Pasar beringharjo adalah pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta. Beringharjo memiliki makna harafiah hutan pohon beringin yang diharapkan memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta. - berikut saya kutip dari wikipedia, jika dirasa kurang lengkap, Bisa dibaca disini

Jujur saja, kalo mendengar kata pasar, yang ada dibenak saya adalah tempat yang kotor dan kumuh. Makanya paling malas  kalau ke pasar hhe.
Namun Pasar beringharjo berhasil mengubah image pasar yang kumuh itu, hihi. Selama 6 tahun di jogja, baru 2 tahun belakangan ini, saya belusukan ke pasar beringharjo.  Dan ternyata disana ternyata lengkap banget, asalkan kamu jeli dan mau blusukan kesana kemari hihihi. Di Beringharjo ada apa aja sih? Nah ini, buat sebagian kalangan wisatawan, saya yakin kalo ke beringharjo pasti  hanya di lantai satu saja. Dan saya yakin pasti sebagian besar hanya tau “baju, sepatu dan tas jogja saja” yang ada disana, ya kan?

Wohooo kalian salah besar gaes, lalu ada apa saja di beringharjo itu? Mari kita kupas bersama .
Pertama2 pasar beringharjo, itu di bagi  menjadi dua bagian (update an per tahun 2016, kalau belum berubah),  beringharjo bagian depan dan beringharjo bagian belakang . Nah biasanya yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah bagian depan saja.

Mari kita kupas bagian depan pasar beringharjo (jika dilihat dari arah malioboro), maaf jika disini saya tidak menggunakan bahasa harafiah pda umumnya seperti utara/selatan, barat/timur, karena saya sendiri tidak lihai dalam membahas arah mata angin. 

1. Pecel Beringharjo

Sebelum menjelajahi pasar beringharjo, ada baiknya kita mencicipi pecel bering harjo yang letaknya pas didepan pintu masuk. 

2. Aneka Pakaian Batik 

Bukan rahasia lagi kalau pasar beringharjo, menjadi sasaran para wisatawan maupun para reseller. Kalo kamu ingin membeli batik dalam jumlah yang banyak, saya sarankan untuk masuk-masuk (bahasa apa ini). Jadi untuk bebajuan batik, biasanya dijual di deretan sebelah kiri ,menurut pengalaman saya harga batik yang dijual di depan jauh lebih mahal, ketimbang kalo kamu  mau belusukan.. Jadi dilantai satu sebelah kiri, kamu akan melihat sedikit celah, maksimal satu meter (memang sempit banget), namun jangan ragu untuk masuk..dan mulailah cari apa yang kamu mau dan jangan ragu untuk melakukan penawaran. Di area sini kamu bisa menemukan berbagai model pakaian batik maupun baju pantai hihi.

3. Aneka uang kuno dan barang antik

Masih disebelah kiri pasar beringharjo, setelah belusukan mencari bebajuan batik tidak ada salah nya kamu berjalan mentok dan keluar, disini kamu akan menemukan berbagai uang kuno dan barang antik

4. Kain Batik/Lurik, Gorden 

Jika tadi kita berada di sisi kiri, sekarang kita beralih ke sisi kanan . Yups, sisi kanan bering harjo, memang kalau dari depan, yang akan kalian lihat adalah bebajuan batik, namun tak ada salah salah nya jika kalian memasuki celah-celah yang ada dipinggiran pasar beringharjo tersebut. Saat kalian memasuki celah-celah tersebut kalian akan menemukan kehidupan baru  berbagai gorden cantik, kain batik / kain lurik lembaran atau meteran, bahkan kebaya

5. Tas, Sepatu & Sendal

Buat yang mencari tas/ sepatu/ sandal, kalian bisa berjalan menyusuri sisi kanan, tanpa harus masuk2. Biasanya di sisi kanan sudah terpampang nyata tas/sendal handmade yang kalian mau :)

6. Pakaian, Aksessories, Kerudung , hingga Kebaya!

Tidak semua yang yang dijual di pasar beringharjo  melulu soal batik loh guys, di bagian atas tepatnya lantai dua, setelah kalian menaiki eskalator, kalian akan menemukan berbagai macam aksesories, pakaian modern seperti atasan, jaket, celana, terusan, berbagai macam kerudung, hingga kebaya! Yups saya tau ini karena waktu itu, saya menemani temen saya mencari kebaya disini hihi. Dan memang banyak juga yang jual kebaya wisuda disini. Jadi buat kalian yang mau wisuda dan tidak sempat menjait kebaya, jangan kuwatir! Kalian bisa banget blusukan kemari dan mendapatkan kebaya yang kalian mau dengan harga yang terjangkau hihihi.

7. ES TEH !

Jangan sepelekan es teh lur! Apalagi jika kamu tidak membawa aqua. Saat kamu bener2 blusukan ke bering harjo, es teh/ air minum penting banget buat ngademin pikiran dan hawa marah2 kamu saat kepanasan hahaha.  Es teh bisa kamu dapetin di lantai satu, tepatnya dibawah eskalator

Setelah puas mengeksplor bagian depan pasar bering harjo, saat nya kita melanjutkan blusukan ke pasar bering harjo bagian belakang. Jujur saja selama 6 tahun di jogja, baru pertama kali eksplore bagian belakang beringharjo tahun 2016 lalu. Ada apa saja? Yuk simak !

8. PARKIRAN!
Jadi saat kamu berjalan mentok, kamu akan menemukan lahan parkir lur! jadi jangan bingung lagi yaa kalo mau ke bering harjo parkirnya dimana hehe... Disini ternyata disediakan lahan parkir dan aman! :))

9. COUNTER BANK BRI
Jujur saya masih speechless, saat saya tau di dalam pasar terdapat counter bank bri! huwow! Jadi waktu itu saya menemani teman saya si melin yang keburu mau transfer uang, dan ternyata disini bisa!! Walaupun tergolong sempit (lebar kurang lebih 1,5 meter dan hanya ada beberapa kursi tunggu). Namun sangat berguna, apalagi saat kepepet mau transaksi dan tidak ada m-banking. Letak counter bank bri sendiri, terletak disebelah kanan pintu masuk pasar beringharJo bagian 2/belakang

10. ANEKA SOUVENIR
Nah buat yang mau berburu souvenir oleh2 atau lagi cari2 souvenir manten bisa juga cari kemari, disini banyak tersedia macam dan pilihan sesuai budget loh guys. ada gantungan kuci, pulpen, kipas dan lain sebagainya. Start from 1.050 rupiah !

11. ANEKA PERLENGKAPAN MANTEN
Psssttt.. masih dari lantai dasar, jika tadi kita bisa menemukan souvenir, di lantai dasar kamu juga bisa menjumpai berbagai perlengkapan manten... seperti baju manten, konde, lengkap dengan hiasan2nya.

12. ANEKA GERABAH
Nah sekarang kita akan memasuki lantai 2 nih guys, waktu itu saya memang lagi cari2 gerabah dari tanah liat..ternyata ada di lantai 2. Ini nih yang saya suka dari pasar beringharjo, semuanya benar2 terkonsep dan tertata rapih hehe. Buat yang bingung dimana cari kendi  atau gentong dari tanah liat, perkakas anyaman/ dari kayu macam sendok sayur dsb, bisa banget coba mampir kesini hihi

13. ANEKA BAHAN BAKU MAKANAN
Nah, jadi di lantai 2 ini, kalian juga bakal menjumpai aneka bahan baku makanan guys, seperti kerupuk, rengginang mentah, gula, beras, minyak dan lain2

14. ANEKA REMPAH & JAMU 
Masih dari lantai 2 guys, disini, banyak banget di temui aneka rempah dan jamu guys, kain goni juga ada! hehehe

15. BUNGA KERING!
Jadi karena saya orang nya suka penasaran, saya waktu itu tanya2 sama orang sana, yang jual bunga kering dimana, ternyata ada di lantai dasar hihi.. jadi di lantai dasar ini, ada sepasang suami istri separuh baya, yang masi sehat berjualan aneka rempah dan bunga kering. Masuk sini, rasanya seperti surga ada kebahagiaan tersendiri, apalagi buat kamu yang suka dengan pernak2 berbau rustic / alami hehe. Buat yang bingung cari bunga kering, tak ada salahnya kamu membelinya disini hehe. Berbagai macam bunga kering seperti margodia, durenan, bunga kering dari kulit jagung, bunga pinus, sorgum,bunga rosella, akar wangi, sampai bunga edelweiss pun ada! Harganya pun sangat terjangkau guys :). Harga nya di hitung per ons loh.. jadi satu ons tuh kamu bisa dapet banyak! Harga bunga kering pun cukup murah, only 7rb an per ikat edeilweiss. Nah buat kamu yang lagi cari edelweiss, mending beli disini saja lur, jangan asal petik digunung :).  Itung2 kamu bantuin nenek yang masok edelweiss ini... dari pengamatan saya, sepertinya edelweiss yang dijual di bering harjo ini, memang sengaja di budidayakan guys..:)

16. BUNGA MELATI / RONCE MELATI
Jika tadi bunga kering, sekarang bunga melati. Buat yang bingung cari bunga ronce melati fresh, tak ada salahnya kalian coba cari2 di lantai 2 ini guys :) .

17. BAJU BEKAS
Yuhuu di lantai 3 kamu bisa menjumpai berbagai macam kios yang menjajakan aneka baju bekas dan sepatu bekas guys. Ada juga berbagai macam benda baheula lainnya di lantai 3 ini :). Namun kalo saya pribadi khusus awul2, lebih prefer meununggu sekaten tiba! hahaha. Jangan remehkan barang bekas loh guys, jika kalian jeli dalam memilih dan memilah kalian bisa mendapatkan barang yang bagus, dengan kualitas yang bagus bahkan bermerek dengan harga yang murmer! hahaha

18. ANEKA SAYURAN , DAGING
Nah kalo ini, kalian bisa di temukan di los pasar bagian belakang

19. BUNGA TABUR
Buat yang cari bunga tabur, kalian bisa menemukannya di luar pasar beringharjo.. / tepatnya di belakang pasar , biasanya bunga tabur ini di jajakan di emperan / luar pasar beringharjo guys :)

20. BURUH GENDONG
Saat jalan2 di pasar bering harjo, kalian pasti akan sering menjumpai yang namanya "buruh gendong". Yang bikin saya terenyuh, rata2 yang buruh gendong adalah wanita / pria yang berusia 60an keatas :"((((((. Jadi jika kalian punya uang berlebih, jangan segan untuk menolong mereka, dengan cara memakai jasa mereka guys :). Biarpun sudah rentan usia, mereka tidak minta2 :'), mereka masi berjuang dengan sisa energi yang mereka punya! SALUT!!!!

Sekian jalan2 kita di pasar bering harjo guys! Menurut saya, jika kalian jenuh, bisa banget tuh dicoba, jalan2 menelusuri pasar beringharjo, selain dapat menemukan berbagai macam kehidupan disini, kalian bisa lebih mensyukuri hidup, dan juga cuci mata pastinya guys hehehe . Pokonya jika ingin merasakan kehidupan "JOGJA" yang amat kental, salah satunya ya jalan2 ke pasar tradisional ini hihihi.

6 comments :

  1. Malam kak, artikelnya bagussss bermanfaat sekalee
    Omong-omong, itu ancer ancer toko bunga keringnya bagaimana ya kak? Saya tadi ke beringharjo cari cari toko penjual bunga kering tapi tidak ketemu :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah thx u for reading kak! ☺. Ancer2 bunga kering ada di lantai bawah kak.. Bella aksesories, maju sedikit ☺. Kanan jalan. masuk aja. atau kalau tidak coba tanya tukang parkirnya/kios2 didaerah situ kak.. biasanya pada tau :). semoga membantu! ☺

      Delete
  2. Wah sangat bermanfaat sekali kak, By The Way harga bunga pinusnya sekitar berapaan ya kak ? Kira" pernah nanya nggak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, wah terimakasih yaa.. sudah baca ☺.kalau tidak salah harganya per ons kak. Untuk harganya very affordable start from 8rban smp 20rban. harganya sendiri dihitung per ons kak bukan biji.hehe. Semoga membantu ☺

      Delete
  3. Kak mau tanya dong, harga kebaya di situ kisaran berapa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. start from 150rban kak.. ditawar aja hehe . Semoga membantu hihi ☺

      Delete