Monday, February 22, 2016

PULAU SATONDA ITU UNIK !


I LEFT MY HEART IN #SATONDA #SATONDA 

Sembari nunggu hasil wawancara akhir , enaknya pagi ini kita kemana kuyy?
SATONDA JA YUK !!!
Sepertinya semua tempat di Indonesia yang pernah saya kunjungi membekas dihati saya hahaha, salah satunya Pulau Satonda.  Mungkin banyak yang masi asing atau bahkan belum pernah mendengar tentang  Pulau Satonda yang satu ini... Makanya yuk cus kita ke Satonda, buruan, nanti  layu !!
Pulau Satonda terletak di wilayah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sumbawa.

Puas menyusuri Pulau Moyo, enaknya leyeh leyeh dulu kali ya ke Satonda hehe

No Filter needed.. serius perairan disini ga perlu di edit uda bleu beud tsaaaahh... Glowing gitu ya kaya pake shimer hahaha


Jam kapal menunjukkan pukul 09. 30 WIT, saat yang tepat buat leyeh leyeh sembari berjemur euy.. berhubung matahari panas nya poll-poll-an saya memilih memilih ngadem sembari nemenin bapak awak kapal nyetir ..Perjalanan dari Moyo ke Satonda memakan waktu kurang lebih 2 jam (jogja-wonosobo kalo naik motor *apasih* ). 
Wah bau baunyaa uda hampir nyampe nih gengs hehehe.. bersiap yha!!


Sampeeeekkk !!! tsaaaaaaaahhhh i feel free kalo kata syahrini , yuk ah nyebur berenang ketepian!!

Uda bisa ketebak kan aku yang mana heheu ..

Cukup jauh uga yha ternyata.... enaa enaaa. Dan Pulau satonda pun  mulai nampak di depan mata,


Satondaaaaaaa !!!! Tsaaah finally , memang yha tempat tempat di Indonesia itu enaknya di datengin langsung bukan cuma dipantengin di layar hape hehehe. Jam 12 siang kita sampe di Pulau ini, uhuuuuyyy  , dan bisa kebayang kan panasnya kaya apa?teruss? Gak ada yang bisa menghalangi saya buat snorkeling disini hiyaak ciyaat ciyaaatt !!
Superb, wonderful, this is amazing (kalo kata komen2 orang luar di instagram hehe). Jernih banget euy, berbagai macam coral warna warni dan ikan lucuk banyak saya temui disini, sekali lagi sangat disayangkan saya gak pinjem gopro :(, jadi tak bisa di abadikan huft. Oh ya xob, jangan lupa tetap jaga kebersihan ya disini, jangan buang sampah di laut atau dimanapun dan hati hati dengan setiap langkah kita, banyak coral yang masih idup, jangan sampai keinjek ataupun ke sampar nanti layu.

Welcome to Satonda Island 

Akhirnya sampe juga di gapura masuk Pulau Satonda. Sebenarnya ada apa aja sih di Pulau ini? Gak sabar nih nulisnya, pengen kasih tau kalian, kalo Pulau Satonda punya keunikan tersendiri ! Sesampainya di gapura ini, kita langsung berjalan menuju ke Danau Moi To'i (Danau Air Asin). Kebayang gak sih, dalam pulau ada danau..wow. Kalo di moyo ada air terjun, disini ada danau lengkap dengan kapalnya .wihh seru banget khan. Kalian bisa muterin danau nya pake kapal, selain itu kalian juga bisa trekking, sangat disayangkan kami gak sempet trekking, karena cuaca yang gak mendukung (tiba-tiba mendung). Saran saya kalo kalian kemari musti dan wajib coba buat trekking. 

Thats why? soalnya kalo kita trekking kita bisa liat keindahan pulau satonda dari atas, bukan cuma bisa liat danau air asin aja, tapi juga bisa liat gunung tambora juga. wih lengkap banget ! Paket Combo ini mah! Danau Moti To'i sendiri menurut saya sangat tenang, letaknya di tengah kaldera gitu dan dikepung oleh pepohonan yang hijau. 

Denger-denger  Danau Moti To'i ini diberi nama sama warga, yang artinya "laut kecil" . kenapa laut? karena rasanya yang asin. Banyak versi tentang terbentuknya Danau Moto To'i ini, salah satunya adalah akibat letusan Gunung Tambora yang menimbulkan danau ini terperangkap dalam air laut yang meluap (gelombang tsunami). 

Pstt, selain itu Pulau Satonda juga memiliki mitos yang tak kalah unik xob, jadi gini...

" Dikisahkan, Raja Tambora dalam perjalanan menuju Sumatera untuk mencari pasangan hidup. Di dekat Dompu, bertemulah raja dengan perempuan rupawan. Dia terpikat dan menginginkan perempuan itu menjadi istrinya.
Saat sang raja bercerita tentang dirinya, perempuan itu menyadari raja itu merupakan putranya yang hilang, dan menolak pinangan raja. Bangkitlah murka raja. Dia bersikeras mempersuntingnya.
Tiba-tiba muncul awan hitam bergulung-gulung, petir menyambar, dan Bumi berguncang. Saat itulah Gunung Tambora meledak dan menimbulkan gelombang besar yang memisahkan daratan menjadi pulau-pulau kecil. Sang Kuasa murka terhadap raja yang ingin memperistri perempuan yang ternyata ibu kandungnya itu.
Sang raja selamat dan terdampar di sebuah pulau. Dia menyesal dan menangis. Air matanya mengalir dan menggenang, yang lalu dikenal sebagai danau air asin Satonda."

Luas danau Satonda sekitar 2,5 km2 ,saking uniknya danau ini, banyak peneliti dari luar negeri mengambil sample dari pulau satonda untuk diteliti. Salah satunya J Kazmierczak , dia mengambil sampel mirip karang yang disebut stromatolit atau sembulan mikrobial, yaitu struktur terumbu yang tersusun oleh mikroba bakteri dan ganggang. Material stromalit berlimpah pada kurun prekambrium, atau sekitar 3,4 miliar tahun lalu. Struktur stromatolit dalam perkembangannya tidak pernah ditemukan lagi. Kehadiran stromatolit di Satonda menjadi sangat menarik karena menunjukkan danau ini memiliki lingkungan yang menyerupai lautan purba, prakambrium. Stromatolit di dunia modern hanya ditemukan di air dengan salinitas sangat tinggi. Satonda bagi para ilmuwan menjadi model lingkungan kontemporer yang mencerminkan kondisi lautan pada zaman purba.

WIH giwlak keren banget kan sob satonda itu, disebut menyerupai bahkan mencerminkan KONDISI LAUTAN PADA ZAMAN PURBA !! Yok kapan kamu kesini ?
Sebenernya Pulau satonda bagusnya di foto dari atas, jadi besok besok kalo kesini jangan lupa bawa DRONE  yah  ✌. ini ada gambar yang saya pinjem dari travel.kompas.com
Yakin masi gak mau kesini? 

BERIKUT DOKUMENTASI SATONDA YANG LAINNYA, POKONYA SCROLL TERUS SAMPE BAWAH HEHE...

SATONDA NAMPAK SAMPING KIRI




SATONDA NAMPAK DEPAN


mendung aja cantik , apalagi gak mendung yekam


SATONDA NAMPAK SAMPING KANAN


Yang mau leha leha atau berteduh disini juga bisa


Jadi seperti inilah tekstur pasir di satonda, didominasi oleh pecahan karang. cantik!


Abaikan kaki gosong 


Akses jalan di satonda ini tergolong mudah dan rapih..jadi ada jalan setapak gitu dan tangga buat kita menuju Danau Moti Toi. 






HELLOOOOO Danau Moti To'i . Yihaaaaa. akhirnya setelah berjalan kira2 kurang lebih 200 meter, sampailah kita .. yuk yang mau naik kapal silahkan, yang mau renang monggo








Hai sob, mata kalian ada yang ngerasa nge-ganjel gak sih? itu yang digelantungin di pohon apaan ya? yuk cus simakk.

Mungkin kalian bakal bertanya2, itu apa sih yang digelantungin di pohon? lucu gitu ya hhee.. jadi di danau yang unik ini, terdapat pula pohon yang unik. Namanya Pohon Kalibuda, orang2 menyebutnya The Tree Hope. Para wisatawan yang berkunjung kemari biasanya menggantungkan coral dipohon ini dengan benang atau apasajalah dan make a hope !konon jika menggantungkan harapan disini akan terkabul, saya sih ikut2 aja tapi tetep menggantungkan harapan sama Tuhan dong bukan pohon hehehe..

Okee sekian dulu yha satondanya, anginnya sejuk banget nih bikin ngantuk. mau leyeh leyeh dulu.. besok pagi kita ke GILI LABA mengejar sunrise :))). sekali lagi be grateful, karena darisitulah kita bisa bahagia dengan mensyukuri segala yang ada 

No comments :

Post a Comment