Tuesday, January 12, 2016

I LEFT MY HEART IN FLORES

Tsaaaaaaaaahhh !! Kalo kata Regina Inova "Aku jatuh cinta oh apa adanya uwowooo...."
 Indonesia Timur Im in love !! walaupun sekarang uda tahun 2016 masi susah move on dari 2015 kemarin. banyak pengalaman luar biasa dan kejutan seru di tahun lalu #soblessed. Mulai dari susur banyuwangi - menjangan, lulus, wisuda, and my bukcet list dream come true. Yeaaaaa FLORES!! Finally saya injak Tanah Flores men. Kamu juga harus injak yah sobb!! ndak nyesel. Ini aja saya kalo diberi kesempatan pengen kesana lagi hahahaha.

Rasanya kaya mimpi, "serius??ini aku sampe sini beneran dan gak ilang??" tsaaaaahhh... 
Saya nekat solo travel dari jogja ke lombok trus ke pelabuhan bangsal dan live on boat selama 4D3N. 

Sebelum memulai perjalanan, saya berguru dulu sama temen saya yang uda ahli masalah per-backpackeran, sebut saja ÉL the master of art , the master of travelling, and the master of  MPD .
Saya minta tolong diajarin bikin itinerary . Sembari menunggu temen saya mendidik praktikannya , saya memantapkan hati yang bergejolak, jadi enggak yaaa... kok saya deg2kan gini. yakin? berani sendiri??kalo ilang gimana? Huft. Setelah praktikan kelar, kami mulai buat itinerary dan fiks saya mantap berangkat ke Lombok besok !.

Voila ! Jadi juga itinerary yang uda digarap seharian sampe gak makan gak tidur  *lebay*.  Lengkap sudah. saya gak perlu takut ilang, paling  nyasar, kalopun nyasar ya tanya orang
The first rule pokonya "jangan malu bertanya" biar gak sesat di jalan. thankyooouuu ÉL!

Selasa, 17 November 2015 pkl 17.40 saya berangkat dari jogja naik pesawat (for the first time) , akhirnya naik wawat tebang uga yhaa :'). Kala itu saya dianterin mami mel sampe bandara .gak taunya tiket saya jatuh, entah dimana :(. saya langsung ke informasi, dan puji Tuhan akhirnya ketemu juga, ternyata jatuh di tempat check in. Sembari menunggu kedatangan pesawat, saya baru sadar kalo kameranya ketinggalan !. Maygat, sempet panik..langsung saya telpon mami mel ..dan akhirnyaaa dengan berbaik hati mami mel langsung cuss nolongin saya , balik lagi kekontrakan ambil kamera . thx u mamii :*.

 Pukul 20.00 sampe Lombok disambut hujan deras, saya langsung ke PO Damri cari tiket ke Senggigi. Saya nginep di Hotel Sendok Bar senggigi, cari yang paling murah eym via travelokadotcom.hehe. Perjalanan dari bandara ke senggigi memakan waktu kurang lebih 2 jam. Sesampainya di hotel, saya langsung makannn !!! baru deh terkapar hehe. Besok paginya saya dijemput travel dari agen buat ke meeting room, eh salah meeting point. Sampe meeting point saya kaget, ternyata saya lokal sendiri (((((semuanya))))) bule. Agen saya gak bilang kalo saya lokal sendiri :(. Mana saya RIP bahasa inggris. Pertamanya sempet bimbang, lanjut gak ya? atau saya kemana dulu gitu nunggu hari sabtu biar ada warga lokal... finally..yaudah deh bomat , enjoy your life ! pengalaman han, gak papa, itung2 belajar inggris jugak. Oh ya akhirnya saya sewa cabin, karena lokal sendiri hehe. 

Perjalanan pun dimulai... awalnya masi kerasa asing, sendiri bet, cuma bisa ajak obrol guide sama awak. Lama2 bosen juga...akhirnya nekad ajak ngobrol para wisatawan (bomat, kita kan sama2 travelling! ngapain takut hehe), mulai dari say hay , morning, kenalan sama mereka, lama lama yha akrab haha. walaupun inggris ku berantakan, tapi mereka ngerti kok. hehe.

Hari pertama kami ke Moyo, kurang lebih 18 jam. start from pelabuhan bangsal jam 4 sore, nyampe moyo paginya jam 6 :))). Senengnyaaaa.. air seger bangett. Pertama kalinya saya naik kapal selama itu dan masi ada 3 hari kedepan saya "hidup" dikapal hahaha... asik banget aslik, gak pusing gak muntah jugak (diluar dugaan).  Next, habis dari moyo kami menuju pulau satonda. kira-kira 3 jaman.  Pagi siang sore malam bener2 memanjakan mata...gadak bising kendaraan, gadak bayangan masalalu , yang ada hanyalah hamparan laut yang luas, suara angin, suara ombak, suara kapal, suara hati dan gambaran masa depan. halah lebay.hahaha. 

Hari ketiga, kami bergegas ke gili laba mengejar sunrise , jadi wajib trekking disini.. sekitar 45 menit uda sampe puncak. How Great Thou Art !! Itulah yang saya katakan dalam hati, ciptaan Tuhan begitu luar biasa , beruntung dan bersyukur dikasi kesempatan untuk dapat mengapresiasi karya tanganNya :').

Sayangnya, pulau padar dan kenawa tidak ada dalam destinasi :(.

Setelah puas bermain di gili laba, siangnya kami bergegas menuju manta point dan pantai pink.
Pukul 12 WIT, sampailah kami di manta point, matahari sedang terik-teriknya panas luar biasa.  Dan saya memilih setia di atas kapal aja hehe. Jangan kuwatir, dari atas kapal pun kamu masi bisa liat "bayang2 manta" kok! . Puas cari manta kami cus ke Pink Beach sekitar jam 3an untuk snorkelingan menghabiskan senja. Gak kerasa uda jam 5, kami bergegas pulang menuju kalong island, yang gak jauh dari pink beach.

Sampai juga kami di kalong island, kami menghabiskan malam disini..ombaknya sangat tenang, damai dan damai. tidur beratapkan jutaan bintang, bermandikan cahaya bulan, beralaskan lautan . tsaaaahh. setiap ada orang yang bilang liat bintang jatuh, saya langsung make a wish. hahaha.

 Paginya kami melanjutkan perjalanan terakhir kami  ke pulau komodo

Gak terasa udah hari terakhir aja.

Hari keempat, kami menuju ke pulau komodo lebih dahulu. Karena komodo adalah hewan yang berdarah dingin, jadi kita harus berangkat pukul 07.00 pagi. soalnya kalo uda siang, komodo bakalan tertidur di dalam lubang dan gak bakalan keluar. Dan  karena komodo sensitif banget sama bau darah , sebisa mungkin kalo PMS ndak usah ikutan yah ladies..daripada jadi santapan.

Siangnya..kami lanjut ke Rinca Island. Bedanya kalo disini komodonya mudah ditemui...banyak yang  hidup di bawah rumah panggung penduduk. Gak afdol rasanya kalo gak trekking. Akhirnya kami lanjut trekking bermandikan cahaya mentari buat mencari sebongkah berlian, eh sebongkah inspirasi deng.

Gak kerasa jam sudah menunjukkan ukul 14.00 WIT, kami segera melanjutkan detinasi terakhir yaitu labuan bajo (perpisahan). Yang mau pulang silahkan, yang mau lanjut monggo. karena uang kehidupan sudah menipis, saya memilih untuk kembali ke jalan yang benar . sebut saja jalan pulang.

Kami semua berpisah di pelabuan labuan bajo, kemudian saya minta tolong pak yoyo ( guide paling baik hati) untuk dicarikan penginapan  yang aman dan murmer. Dan sampailah saya di hotel bajo. mayan lah 100rb permalam. Tadinya sesuai itinerary saya mau nginep deket bank ntt, tapi setelah dipertimbangkan lagi, daerah sana terlalu sepi dan bahaya buat cewek seperti saya. Finally saya ambil hotel bajo, jauh dikit gak papa. asal aman dan ramai wisatawan hehehe. safety first sob !

Sesampainya di hotel bajo, kami ketemu turis2 sekapal.
LO LAGI LO LAGI !!! Ternyata mereka jugak nginep disini. hahahaa.
Spontan patricia nyapa ! hey hana our room in here, pkoknya intinya kamar kami disini. kamu bisa main kesini. Bagi saya mereka sangat humble.

LAPAR.

Jam 7 malam, saya keluar jalan kaki buat cari makan. Saking capeknya  jam 8 sudah pulang dan langsung tidur, terus besok paginya bangun jam 6 buat ke pelabuhan. 

 Jarum jam menunjukkan puul 5.30. Saya bergegas mandi dan menuju pelabuhan. Dari bajo hotel saya jalan kaki sendiri kaya orang ilang , lumayan jauh sekitar 15 menit. Sambil jalan  tidak lupa saya kenakan "topi dibalik", biar? biar jauh dari kesan muka lola atau  ndong2  maupun  mudah dibully hahahaa (Salah satu bagian dari itinerary!!).

Sampailah saya di pelabuhan. Yihaaa ternyata ada 5 wisatawan yang ikutan jugak buat ke Lombok.
 Perjalan dari Bajo  ke Sape memakan waktu 8 jam. Karena masi pagi belum sarapan jugak, akhirnya saya memilih sarapan indomie goreng di kapal. pas bayar syok. 17 rebu. padahal kalo dburjo biasanya cuma 7rb :(. Gapapa deh lumayan buat ganjel perut, *padahaltetepjalaper* . Sesampainya di Sape jam 3 sore, kami menuju Bima menggunakan bis 3/4  atau biasa disebut "Chicken Bus" *jadiinitohbus3/4*.

HAI BIMA!

Sesampainya kami di terminal Bima, aku, gaby, ema, dkk lngsung cus cari makan. Kami makan diterminal Bima. Makanan disini cukup murah.. sepuluh ribu uda dapet nasi ayam, sayur sop,sama minum teh anget. Sembari nunggu bus berangkat pukul 18.30, saya beser2 dulu dikamar mandi hehe. Habis itu beli jajan buat d bus.  Akhirnya bus berangkat juga... bisnya lajunya kenceng banget plus jalanan mulus. fiks saya bakal tidur nyenyak semalaman *pikirsaya*. Tiba2 bus berhenti di pinggir jalan, menjemput penumpang lainnya..semua ekspektasi saya berbanding terbalik. saya hampir gila di bus, ndak bisa tidur dengan nyenyak. Penumpang barusan ribut sekali di bus, dan dahsyatnya lagi dia muntah sepanjang perjalanan. HOEXXX. Sayapun langsung menutup seluruh muka saya, biar gak ketularan. huft. kzl.

Ohya di bus malam ini, kita uda dapet makan juga kok sarapan, cuman yaitu sarapan nya jam 1
pagi. Okeee deh bangun njuk mam sek. Kami tinggal tunjukin kartu gratis makan, jadi ada 2 menu.. dan kita cuma bisa pilih salah satu. satu keringan (nasi tempe), satu soto. nah saya pilih soto. Temen saya (bule dari netherland) si ema, juga ambil soto. Waktu mau makan saya bingung...si ema ambil soto, tapi gak pake kuah , jadi dia makan soto nya keringan. Cuma nasi, bihun, ayam suir sama seledri mentah, lengkap dengan bawang goreng tok tanpa kuah. Saya pikir dia lupa karena gak tau,   terus saya tanya... kamu gak pake kuah? katanya dia gak suka pake kuah. yauda deh dia makan soto tanpa kuah. wahahaha ada ajalahh. ngekekk akuuu liatnya.

BTW di warung ini menunya macem2  , salah satunya cas hp Rp. 2000 rupiah.

Habis makan lanjut perjalanan lagi.. kami nyebrang pelabuhan apalah itu..naik kapal very. karena uda pewe saya milih didalem bus aja..males keluar. jadi saya tidur di bus, di dalem kapal. untung malem, jadi gak panas hehe. 

Paginya jam 7 kami sampe di mataram... saya bingung karena masi pagi banget, mana saya booking penginapan jam 2 siang. akhirnya saya nyari ojek. Perlu diingat naik ojek dr mataram ke lombok tengah tu gak murah gaes :(. 100rb, dluar dugaan. mana saya minta dianter sampe penginpan, jadinya nambah. total 160rb.  yauda deh . Tapi sebanding kok sama perjuangan bapaknya 3jam anter2 saya hehehe.

Pertama minta anter ke bandara buat pesen tiket pulang, sampe sana gak jadi karena saking mahalnya.. mintaknya 800 rb! ya mana mau lah saya. Uang dompet aja masih 700rb. Finally traveloka jadi andalan saya. pesen traveloka trus bayar ke bni praya. weh muter2 sama bapak ojeknya dari cari bank bni, sampe ngeprint .
Akhirnya kelar semuanya, kami menuju penginapan saya. Saya menginap  di relaxing homestay.. ternyata jauh banget dari bandara, bayangan saya deket kalo jalan kaki dari sana. ternyata enggak. masi 45 menit dari bandara. Di perjalanan kami ngelewatin di desa SADE, pengen banget mampir, apa daya uang kehidupan telah menipis. soon yaa :')

Fiuhh akhirnya sampe jugakk...langsung rebahan. Relaxing ini menyediakan fasilitas antar jemput bandara. saya pikir yang namanya fasilitas tuh geratis..ternyata. masi teteup bayar jugak. 150rb :((. okedeh gak papa..drpd jalan kaki. Selain itu pelayanan nya juga ramah kok :). 
Pagipagi buta jam 4 saya minta anter ke bandara naik motor...dan cus saya balek jogja.

Oh ya ini ada rangkuman biaya nya : 

Pesawat brgkt 585rb
Pesawat plg 595rb
Damri dari Bandara ke senggigi 35rb, klo ke mataram 25rb
Hotel Sendok Senggigi 117rb
Makan di hotel sendok 34rb
Jajan di pelabuhan bangsal 50rb
Bus Bajo-Mataram paket 355rb
Hotel Bajo 100rb
Travel 4N3D 1.700.000 (live on boat)
Relaxing Homestay 160rb
Ojek 160rb ( mataram- bandara - penginapan), Mataram -  bandara (100rb)
Ojek Hotel ke bandara 150rb
Print tiket di lombok 10rb
Makan di Bima 10rb
Makan di lombok 30rb
Beli jajan buat bus malam 35rb
Kamar mandi 2rb (6rb, beser 3 kali hehe)
Indomie goreng di kapal very 17rb
makan di bajo 30rb
sewa kamera 300rb
pulsa 60rb
jajan di bajo (lupa)
sewa cabin 200rb

Total pengeluran kemarin paling gak 4.739.000. Dan biaya apa lagi saya lupa hehehe. 

Kurang lebih seperti itu..mungkin kalo bener2 backpacker gak nyampe segitu. Namanya juga solo travel, apa lagi cewek , gak mau ribet maunya safety first ! hehe .

Dari catatan yang panjang ini intinya cuma traveling itu mahal di biaya transportasi, penginapan, dan makan. hehe. Sekali lagi JANGAN MAU KE FLORES, NANTI GAK MAU PULANG !!!

NEXT POST #ILeftMyHeartIn_PULAU MOYO
(*PLUS DOKUMENTASI ) 



1 comment :

  1. waawww, leh uga berkunjung ke kulitpohon.blogspot.com hehe

    ReplyDelete