Friday, May 15, 2015

IJEN CRATER


Kawah Ijen , bagi saya naik kawah ijen gak ada bedanya sama naik gunung. Walaupun tementemen saya bilang Ijen bukan gunung, saya tetep kekeuh kalo Ijen tuh gunung. Gimana enggak, tinggi kawah ijen 2368 mpdl, yah setara dengan gunung2 kecil di Indonesia lah ya hehe.,Merapi aja 2930 mdpl, sebelas duabelas dong hahaha (selisih 500 meter doang eym).
Makanya first time ke Ijen saya bangga banget (berasa naik gunung beneran). Pokoknya rekor bgt buat saya :))). Kapan kita ke kawah ijen ? Nahhh ini nih pertanyaan yang perlu banget saya jawab dan jabarkan sis-bro-gan. Kita ke ijen pukul 11 malam, dimana pukul 8 malam kita baru sampai penginapan. Singkatnya kita ke Ijen tanpa jeda !! Gadak istirahat alias non stop alias di forsir. 
Alhasil saya mengguk (keadaan dimana udara diatas begitu dingin, dada terasa sesak dan kemudian menimbulkan batuk yang tidak berdahak ). Sepanjang perjalanan saya selalu merepotkan teman saya.  Hhehe..mungkin faktor terlalu lelah karena belum istirahat juga seharian, jadi dengan langkah gontai saya terperosok kedalam lubang...lalu temen saya menolong saya (dibaca : dengan pamrih) berharap dikasi uang huft. Akhirnya saya berhasil juga dikeluarkan dari lobang mencekam... Sebenernya bukan lobang deng, lebih tepatnya saluran air, untung nya pas kering... coba kalau ada airnya. Gatau lah gimana nasib saya . Haha sempet nangis juga pas jatuh... nangisnya bukan karna sedih. Tapi karna SHOCK (mata ngantuk,  tiba2 terperosok dalam lubang), lelah, dingin, batuk, sesak...dan perjalanan masi panjang :(. Setelah keluar dari lobang, temen saya menghibur saya dengan jajanan pasar yang dia bawa. Akhirnyaaa saya powerfull lagi, dan semangaat meneruskan perjalanan panjang selanjutnya Nyiahaha.
Finally kita semua sampai kawah ijen tepat pukul 4 pagi.
Sampe sana langsung bekuu.. dinginnya war biasak !! Yaps, kita nekad naik pagi2 bukan tanpa alasan, BLUE FIRE aka kompor gas !!  
Blue Fire merupakan fenomena alam yang luar biasa menurut saya, dia hanya muncul saat dini hari. Semua rasa kantuk, lelah, hilaaang !! Terpesona liatnya..Biasanya kalian liat kawah / api warna merah.. ini biru cuy.. adem liatnya. Kawah Ijen adalah satu-satunya kawah di Indonesia yang memiliki fenomena alam "Blue Fire", di dunia hanya ada dua tempat yang memiliki Blue Fire. (Indonesia dan Islandia) , so kita wajib bangga !! Alam Indonesia gak kalah sama luar negeri broo!
Gak puas liat dari atas, tementemen saya nekad turun ke bibir kawah...tadinya mau berendam, tapi saya larang. Jadi saya ditinggal sendirian di atas. Fiks disitu saya sedih banget pengen nangis rasanya, udara semakin dingin, sendirian, duduk di pojokan, asap kawah semakin membumbung menuju ke arah saya...mau pindah tempat nanti dicariin temen2, sementara tementemen saya masi betahbetah aja disana, gatau apa saya diatas rasanya sesak luar biasa kaya mau pingsan.... saking dinginnnya dan sesaknya. Minyak angin sama sekali gak ngefeek :(. Orang orang disamping saya semuanya uda pada beralih, disitu saya benerbener sendiri.. takut ilang luarbiasa :(. akhirnya saya angkat tangan gakuat sama asapnya dan dinginnya. Lalu saya menyingkir dari tempat itu menuju tempat berlindung yang aman... FIKS saya tunggu tementemen disitu, akhirnya mereka datang dengan tampang tanpa dosa sama sekali. Legaaaa.. akhirnya saya gak jadi ilang :'). Jujur disana saya benerbener kedinginan luar biasa, sampai kuping saya berdengung.... bibir dan gigi saya selalu menggigil. tangan saya kaku, kaki kau, wajah pun kaku rasanya.  Disitu saya berharap, semoga saya tidak terkapar... 
Masi menunjukkan pukul 5 pagi..matahari belum terbit juga.. saya bilang sama temen saya kalau saya uda gak kuat nunggu sunrise, tapi mereka kekeuh nunggu. Saya sampe marah2 ' halaaah ntar liat sunrise nya di belakang rumah aja!! '. Alhasil saya dicarikan lubang sama temen saya... hha. lucu juga sebenernya kalo dipikirpikir, tidur dalam lubang tanpa alas apa2... yang penting terhindar dari dinginnya angin dan asap. Akhirnya kita semua tidur di dalam lubanglubang yang ada haha... Saking PW nya tidur...bangun2 sunrise uda lewat hahah (nah kan kubilang juga apa!! liat di blakang rumah aja!)... Yang lebih konyol dan memalukan , sewaktu saya masih tidur didalam lubang, saya sadar bahwa sekelompok orang (diatas) bergosip dan menertawakan kami yang ada di dalam lubang. Kamfreeeett... malunya minta ampun, mau melek pun saya gak berani. Akhirnya setelah keadaaan berangsur sepi...saya beranikan diri untuk membuka mata dan bangun pffft.
Setelah nyawa terkumpul penuh, cuss kita turun. Jurang2 dan pemandangan yang kita lewati pada malam hari, semua terlihat jelas dan indahhh....Pokoknya lebih indah kalo liat Indonesia pakai mata sendiri deh daripada hanya dari layar hape. Serius hehe

Ijen Crater


Blue Fire

FOG


saking dinginnya gabisa pose senyum atau ala2 hehe

Dingin ngets
Pulaaaangg see you Ijen :))), nice to meet you !



No comments :

Post a Comment